MENGELOLA PROSES PERANCANGAN
Perancangan pada dasarnya,proses kreatif dan tak dapat diduga. Perancang sistem interaktif harus dapat memadukan pengetahuan saksama dari kelayakan teknis dan rasa estetik apa yang menarik bagi user. Didalam perancangan terdapat 3 pilar perancangan yang membantu user untuk mengubah ide menjadi sitem yang baik.
3 pilar perancangan meliputi:
- Dokumen pedoman dan proses
- User interface software tools
- Ulasan pakar dan uji usability
- Model Sintaktik-semantik dari kelakukan manusia, digunakan untuk
menggambarkan pemrograman, manipulasi database, dan manipulasi langsung.
Konsep Semantik: tersusun rapi, stabil di memori.
Rincian Sintaktik: dihafal, tidak punya aturan jelas, harus sering diperbaharui - Dengan GUI menggantikan bahasa perintah, fokus pada manipulasi langsung objek aksi.
- Aspek sintatik tidak dihapuskan tetapi diminimalis.
- Hierarki antarmuka objek dan aksi, contohnya: penyimpanan informasi pada komputer.
- Objek antar muka: Direktori (nama, tanggal, penciptaan, dll)., File (baris, field, karakter, font, dsb).
- Aksi antar muka: Konsep Tingkat tinggi (mengedit file, buka file), simpan (simpan file, back-up, mengganti nama, menimpa versi sebelumnya, dsb)
- Hilangnya Sintaksis
1. Konsisten
2. Shortcuts
3. Umpan balik yang informative
4. Adanya penutupan (keadaan akhir)
5. Pencegahan kesalahan
6. Pembalikan aksi
7. Pusat kendali internal (Internal Locus of Control)
8. Ingatan jangka pendek dikurangi
Jika suatu situs yang telah Anda bangun memenuhi kriteria di atas, berarti situs Anda telah memenuhi faktor-faktor interaksi manusia dan komputer yang dibutuhkan di sana.
Mengelola Proses Rancangan
Perancangan pada dasarnya adalah proses kreatif dan tak dapat diduga.Perancang system interaktif harus memadukan pengetahuan seksama dari kelayakan teknis dan rasa estetik apa yang menarik bagi pemakai. Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik. Seorang pengguna, apalagi pengguna baru, biasanya tertarik untuk mencoba sebuah program aplikasi dengan terlebih dahulu tertarik pada suatu tampilan yang ada di hadapan matanya.Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dalam beberapa cara:a. Membuat sketsa pada kertas
b. Menggunakan peranti prototipe GUI,
c. Menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain,
d. Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer Aided Software Engineering).
Karakteristik Perancangan Menurut Carroll dan Rosson :
Perancangan adalah proses bukan keadaan
Proses perancangan adalah nonhierarkis
Proses perancangan transformasional secara radikal
Perancangan secara intrinsic melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru
Metodologi LUCID (Kreitzberg) LUCID = Logical User-Centered Interactive Design
Melibatkan enam peringkat:
1) Memikir dan membuat konsep sesuatu barangan
2) Melakukan kaji selidik dan analisa keperluan
3) Mereka konsep dan prototaip skrin-kekunci
4) Proses rekaan dan kemaskini yang berulang
5) Membuat atau Implemantasi Perisian
6) Menyediakan Rancangan untuk proses penyelengaraan
Observasi Etnografis
· Persiapan
o Pahami kebijakan dan budaya kerja organisasi
o Kenali sistem dan sejarahnya
o Tentukan tujuan awal dan siapkan pertanyaan
o Minta akses dan izin untuk observasi dan wawancara
- Studi Lapangan
Bangun hubungan dengan manajer dan pemakai
Amati atau wawancarai pemakai di tempat kerjanya.
kualitatif.
Ikuti semua petunjuk yang muncul dari kunjungan
Catat kunjungan
- Analisis
Gabungkan data yang dikumpulkan dalam database
Kuantifikasikan data dan gabungkan statistic
Konsolidasikan dan interpretasikan data
Perbaiki tujuan dan proses yang digunakan
- Pelaporan
Pertimbangkan peserta dan tujuan yang beraneka ragam
Persiapkan laporan dan presentasikan hasil penelitian
- Mengurangi biaya penulisan program
- Mempermudah penjualan produk
- Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi.
Ulasan Pakar (expert review)
· Dapat dilakukan di awal atau di akhir fase perancangan, dan keluarannya berupa laporan formal dengan masalah yang ditemui atau rekomendasi perubahan.
Metode Ulasan Pakar :
· Evaluasi heuristic
· Ulasan kesesuaian dengan pedoman (guidelines review)
· Pemeriksaan konsistensi
· Penelusuran kognitif
· Pemeriksaan usability formal
Uji usability
· Memberikan konfirmasi kemajuan yang mendukung dan rekomendasi perubahan yang spesifik
· Tidak hanya mempercepat proses, tetapi juga menghasilkan penghematan biaya yang dramatic
0 komentar:
Posting Komentar